• Posted by : Unknown Mei 03, 2013




    Golden Week atau Minggu Emas adalah periode di akhir bulan April sampai minggu pertama bulan Mei khusus di Jepang yang memiliki serangkaian hari libur resmi. Periode Golden Week bergantung pada tahunnya, tapi dimulai sekitar 29 April dan berakhir sekitar 5 Mei. Istilah Golden Week disingkat sebagai GW, dan sering disebut Ōgata renkyū atau Ōgon shūkan.

    Golden Week dimulai dari tanggal 29 April, yang diperingati sebagai Hari Showa, yang menandai hari lahirnya Kaisar Showa, salah seorang Kaisar Jepang. Selanjutnya, liburan dimulai lagi di tanggal 3 Mei yang diperingati sebagai Hari Konstitusi (Kenpo Kinenbi). Keesokan harinya, 4 Mei diperingati sebagai Midori No Hi (Hari Lingkungan Hidup) dan yang terakhir jatuh pada tanggal 5 Mei, yang diperingati sebagai Kodomo No Hi (Hari Anak).

    Kodomo No Hi sendiri sebenarnya diperingati sebagai “Hari Anak Laki-laki”. Sedangkan “Hari Anak Perempuan” jatuh pada tanggal 3 Maret. Di hari ini, keluarga yang memiliki anak laki-laki akan memasang hiasan berupa bendera berbentuk ikan koi di depan rumah mereka.

    Dengan adanya liburan panjang semacam ini, tak sedikit orang Jepang yang mengambil cuti di antara tanggal-tanggal tersebut, agar mereka dapat menikmati liburan panjang yang jarang bisa mereka dapatkan setiap tahun. Mereka memanfaatkan liburan ini dengan berbagai macam hal. Salah satu yang paling populer adalah travelling. Sebagian besar orang Jepang memanfaatkannya dengan travellingke obyek wisata, salah satunya adalah pergi ke pemandian air panas (onsen). Onsenadalah tempat favorit orang Jepang untuk relaksasi dan istirahat. Tempat pemandian air panas yang menjadi favorit adalah pemandian di alam terbuka, yang membuat mereka dapat menghangatkan tubuh dan pikiran di mata air panas pegunungan, sambil menikmati indahnya alam Jepang yang hijau dan asri.

    Selain ke onsen, banyak juga orang yang menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman untuk mengunjungi taman atau kebun binatang. Salah satu taman yang cukup terkenal di Jepang adalah Awaji Akashi Kaikyo Park yang ada di Pulau Awaji, sekitar 2 jam dari kota Sanda (Hyogo). Taman ini menyuguhkan berbagai bunga yang berwarna warni, membuat mata tak berkedip untuk mengaguminya. Apapun cara yang digunakan oleh orang Jepang untuk merayakan Golden Week, liburan panjang ini menjadi sesuatu yang sangat berarti bagi orang Jepang. Dengan adanya Golden Week, orang Jepang sangat menikmati waktu liburnya. Meninggalkan rutinitas untuk sejenak dan menikmati waktu santai agar nanti saat kembali ke rutinitas semula dengan penuh semangat.

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    Warung Kopi Naruto Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan